PESAN TIKET KERETA API SECARA ONLINE SANGAT MUDAH LO CARANYA


Tiket Kereta Api Online - Sekarang jaman serba online, tak terkecuali dalam pemesanan tiket kereta api maupun pesawat, dapat dilakukan secara mudah dan instan melalui online. Lebih praktis, cepat dan tanpa ribet. Siapapun bisa melakukan sendiri, darimana saja, sepanjang terhubung dengan internet. Bisa melalui smartphone, tablet, laptop maupun desktop.

Cara pesan tiket kereta api online.
Cara pesan tiket kereta api online.
Kali ini admin Banyuwangi Bagus akan menunjukkan cara pesan atau booking tiket kereta api secara online melalui situs Tiket.com, sebagai salah satu OTA (online travel agent) atau agen perjalanan online yang terpercaya di Indonesaia. Selain itu Tiket.com adalah agen resmi dan mitra PT Kereta Api Indonesia.

Dibandingkan moda transportasi umum lain, naik kereta api memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki jenis transportasi lain. Ini menjadi alasan kuat mengapa mengadakan perjalanan dengan kereta api harus menjadi pertimbangan utama.

Pertama menyangkut keanyamanan. Naik kereta api lebih rileks dan santai karena kamu tidak harus duduk tersiksa sepanjang waktu, tapi bisa jalan-jalan menyusuri gerbong satu ke gerbong lain untuk mengusir kejenuhan atau sekedar “melemaskan” otot tubuh. Beberapa gerbong kereta api juga sudah dilengkapi televisi ukuran besar yang bisa memutar film sebagai hiburan.

Untuk mengisi waktu, kamu bisa melakukan aktivitas lain dengan lebih nyaman, seperti membaca, mendengarkan musik dari gadget, bahkan melakukan permainan seru lain bila melakukan perjalanan bersama dengan teman-teman atau keluarga. Ini karena getaran, goncangan dan kebisingan suara yang terdengar didalam gerbong kereta api lebih kecil saat kereta berjalan.

Naik kereta api juga tidak membuat kamu tersiksa karena menahan kencing atau BAB saat kebelet seperti kalau dialami bila naik kendaraan umum bus.

Ongkos kereta api juga terbilang ramah kantong, karena ada pilihan kelas, mulai dari ekonomi, bisnis dan Eksekutif. Terlebih saat ini semua kelas sudah menggunakan AC, sehingga naik kelas ekonomi pun sudah cukup baik fasilitasnya.

Masih ada lagi enaknya naik kereta api. Sepanjang perjalanan banyak view pemandangan diluar yang bisa dinikmati, mengingat jalur kereta api umumnya melewati persawahan, ladang atau pinggiran jalan raya yang memiliki pemandangan luas dan bebas. Banyak spot-spot menarik yang menyegarkan mata yang bisa dilihat melalui jendela kereta api.

Akhirnya, naik kereta api tidak bakal membuat kamu kena macet dan bebas hambatan, kecuali tentu saja jika terjadi bencana diluar kemampuan manusia mencegahnya. Faktor keamanan kereta api juga lebih terjamin, karena jalurnya ekslusif dan tidak berebut digunakan transportasi lain. Imbas dari perjalanan yang lancar, jadwal kereta api juga relatif lebih tepat waktu.

Itulah banyak kelebihan dan keunggulan naik si ular besi ini yang seharusnya membuat kamu mempertimbangkan untuk menggunakan sebagai moda transportasi favorit saat bepergian keluar kota. 

Buat kamu yang berencana berwisata atau berkunjung ke Banyuwangi naik kereta api, ada beberapa rute kereta api yang menuju ke Banyuwangi, yaitu :

- Kereta Api Sritanjung, yaitu dari Yogyakarta ke Banyuwangi PP. Cek Jadwalnya DISINI.
- Kereta Api Mutiara Timur dari Surabaya ke Banyuwangi PP.

Cek jadwal Kereta Api Mutiara Timur Pagi DISINI.
Cek jadwal Kereta Api Mutiara Timur Malam DISINI.

- Kereta Api Probowangi, dari Surabaya ke Banyuwangi. Cek jadwalnya DISINI.

Nah, sekarang akan ditunjukkan bagaimana cara memesan tiket kereta api melalui internet alias online. Pertama-tama kunjungi situs resmi Tiket.com, cukup dengan cara klik TOMBOL INI. Kamu akan diarahkan ke halaman pemesanan tiket kereta api Tiket.com.  LIHAT GAMBAR DIBAWAH

Pertama-tama pilih stasiun asal kamu. Misalnya kamu dari Surabaya mau berwisata ke Banyuwangi, maka pada kolom stasiun asal kamu ketik “Surabaya Gubeng”, sesuai dengan stasiun keberangkatan yang kamu pilih, sedangkan pada kolom stasiun tujuan kamu ketik “Karangasem, Banyuwangi” karena kamu berencana turun di Stasiun Karangasem.


 1. Pilih stasiun asal kamu. Misalnya kamu dari Surabaya mau ke Banyuwangi, maka pada kolom stasiun asal kamu ketik “Surabaya Gubeng”, sesuai dengan stasiun keberangkatan yang kamu pilih, sedangkan pada kolom stasiun tujuan kamu ketik “Karangasem, Banyuwangi” karena kamu berencana turun di Stasiun Karangasem.

Selanjutnya pilih tanggal keberangkatan pada kolom “Pergi”. Jika kamu sudah punya jadwal kepulangan yang pasti, bisa juga sekaligus pesan tiket pulangnya, dengan mencentang kolom “Pulang” dan tentukan tanggalnya. Tapi jika jadwal kepulangan ke Yogyakarta belum pasti, tidak usah dicentang. 

Berikutnya isi kolom jumlah penumpang, lalu klik tombol “CARI”. Maka berikutnya Tiket.com akan menampilkan hasil pencarian

Dalam hal ini katakanlah kamu memilih menggunakan kereta api Sritanjung yang meskipun merupakan KA kelas ekonomi tapi sudah menggunakan AC seluruh gerbongnya, sehingga cukup nyaman.

Setelah klik tombol "PESAN SEKARANG", kamu akan dibawa ke halaman berikutnya. Disini kamu diminta untuk mengisi data yang diperlukan.
Data-data yang harus diisi antara lain :
- Titel : (Tuan, Nyonya, Nona)
- Kontak email : masukkan emailmu yang valid, karena nantinya kode booking akan dikirim lewat emailmu. Jadi pastikan kamu tidak salah tulis emailmu.
- Nama lengkap : isikan nama lengkapmu seperti yang tercantum dalam KTP/paspor/SIM, jika berbeda antara nama yang kamu masukkan dengan yang ada di KTP/paspor/SIM, kemungkinan nanti kamu akan ditolak saat memasuki stasiun kereta api.
- No. Telepon : masukkan nomer HP/simcard yang aktif.

Berikutnya masukkan nama penumpang. Di situ ada kotak kecil dengan tulisan di sebelahnya "sama dengan kontak". Ini maksudnya, jika nama penumpang kereta api tersebut adalah sama dengan nama orang yang melakukan booking/pemesanan, maka cukup centang kotak kecil tersebut. Maka data seperti nama akan muncul secara otomatis, kamu tinggal menambahkan no. KTP/SIM.

Saat mengisi no. KTP/SIM ini juga sebaiknya hati-hati supaya tidak ada angka yang salah atau terlewatkan.

Tapi jika kamu memesan tiket untuk orang lain atau jumlah penumpang yang membeli tiket lebih dari satu orang, maka data-data orang selain kamu, harus kamu cantumkan. Misalnya ada 3 orang yang naik kereta bersamamu, maka ada 3 data orang yang tercantumkan.

Pilih Kursi di Kereta

Untuk kenyamanan selama perjalanan, kamu bisa memilih posisi tempat duduk di kereta. Caranya, klik “Pilih Kursi” maka kamu akan diarahkan ke denah asli posisi kursi kereta api dari PT KAI, silakan pilih posisi duduk sesuai keinginan, tentu selama masih tersedia atau belum kedahuluan orang lain. 
Cara pilih kursi di kereta api.
Pilih kursi kereta api.

Nah, setelah semua data kamu isi dan sekali lagi kamu periksa sudah benar, maka berikutnya kamu bisa memilih kursi sesuai keinginanmu, tapi jika kamu percaya dengan sistem, maka langsung saja klik tombol "PESAN SEKARANG" untuk memproses tiket yang kamu pesan secara online ini.

Berikutnya kamu sampai pada tahap pembayaran tiket. Disini ada beberapa opsi metode pembayaran seperti tercantum dibawah ini.

Pilih metode pembayaran. Ada 9 metode pembayaran yang bisa Anda gunakan, mulai dari kartu kredit, lewat ATM sampai Virtual Account. Tentu saja metode pembayaran ini kedepannya bisa bertambah lagi. Dalam contoh diatas menggunakan pembayaran lewat ATM.

Di sebelah kanan tercantum data penumpang, tak ada salahnya kamu cek sekali lagi bahwa itu sudah benar.


Untuk pembayaran melalui ATM, kamu bisa melakukannya melalui jaringan ATM Bersama, Prima & Alto. Masukkan jumlah uang sesuai yang tertera pada total pembayaran!. PENTING : Jumlah transfer yang tidak sesuai akan menyebabkan transaksi gagal dan order kamu tidak akan dikonfirmasi.

Begitu juga, perhatikan batas waktu yang diatur oleh sistem. Jika lewat batas waktu yang telah ditetapkan, maka pembayaran kamu tidak akan terkonfirmasikan alias gagal.

Setelah pembayaran berhasil, kamu akan menerima SMS dan email berisi e-tiket yang memuat ringkasan informasi voucher kereta api secara instan maksimum dalam waktu 60 menit.
Contoh E-tiket atau voucher kereta api yang nantinya ditukarkan dengan tiket di stasiun atau dicek sendiri (kiri), pemberitahuan lewat SMS (kanan).
E-tiket berupa kode booking ini nantinya kamu tukarkan di loket stasiun KAI atau dapat mencetak tiket di mesin cetak mandiri yang terdapat di stasiun utama KAI dengan memasukkan kode booking.

Mesin pencetak tiket di stasiun utama kereta api.
Dengan mengikuti petunjuk tadi, terbukti bukan mudahnya cara booking atau pesan tiket kereta api secara online yang bisa kamu lakukan sendiri melalui laptop atau bahkan smartphone.




loading...

Back To Top