JAMBEWANGI JUNGLE LODGE, ASYIKNYA BERWISATA TUBING MENYUSURI SUNGAI DESA


Ingin menikmati keindahan alam Banyuwangi sekaligus menyukai tantangan yang mampu memompa adrenalin kamu? Jika ya, kamu harus datang ke Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Di lokasi wisata yang terletak di wilayah barat daya Banyuwangi ini, kamu akan menemukan Jambewangi Jungle Lodge atau yang dipopulerkan dengan sebutan JJL.

Wisata JJL Jambewangi Jungle Lodge, Kecamatan Sempu, Banyuwangi.
Panorama di Jambewangi Jungle Lodge, Kecamatan Sempu, Banyuwangi (via Facebook)
Wisata JJL menawarkan keindahan alam pegunungan, pemandangan hutan alami dan hamparan sawah nan hijau. Suasana sekeliling masih alami mengingat lokasi wisata ini menempati sebagian hutan pinus milik Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Perhutani Banyuwangi Barat. Banyak aktivitas outdoor yang bisa kamu lakukan disini.

Sekedar duduk-duduk sambil menikmati suasana alam dan kesegaran udara yang segar, memasang hammock, atau mengabadikan pemandangan yang instagenic tentu tidak akan kamu lewatkan begitu saja.

Untuk menarik wisatawan, Jambewangi Jungle Lodge menyediakan wisata tubing yang seru dan cukup menantang adrenalin. Tubing atau single rafting adalah olahraga air yang menggunakan ban dalam truk. Kamu diajak menyusuri aliran sungai Jambewangi sembari menikmati keindahan gunung Raung dikejauhan.

Tubing di Sungai Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi.
Asyiknya bertubing di Sungai Jambewangi (via facebook)

Bertubing di JJL cukup menantang nyalimu (via Facebook) 

Asyiknya tubing rame-rame (via Facebook)

Soal keamanan jangan kuatir, ini sudah dipikirkan pihak pengelola. Untuk menikmati tubing pengunjung diwajibkan menggunakan jaket khusus, helm serta pelindung siku dan lutut.

Tubing biasanya merupakan permainan khusus orang dewasa, di JJL bisa dinikmati anak-anak karena pihak pengelola juga menyediakan tubing khusus anak-anak dengan rute yang lebih aman.

Untuk menikmati asyiknya bertubing ria ini, pengelola mematok biaya yang cukup terjangkau. Yakni Rp 45 ribu per orang dengan jarak 2,3 kilometer, dan Rp 25 ribu per orang untuk jarak 1,2 kilometer.

Jika kamu kurang nyaman dengan tubing, setidaknya kamu wajib mencoba tantangan yang tak kalah seru di wahana Rock Balancing Area. Apa itu? Ini adalah permainan menyusun batu yang bermanfaat melatih ketenangan hati dan pikiran kamu. Ayo coba seberapa tinggi dan seunik apa bentuk yang dapat kamu buat dengan batu-batu yang bentuknya tidak beraturan ini.

Rock balancing, melatih kesabaran menyusun batu-batu berbagai ukuran (via Phinemo.com)
Aktivitas lain yang tak kalah menarik adalah belajar panahan yang kian banyak penggemarnya. Pihak pengelola sudah menyiapkan busur, anak panah dan perlengkapannya. Kamu tinggal memanah saja. Awas jangan salah sasaran ya.!




Untuk pengunjung yang ingin menginap, selain tersedia homestay juga bisa melakukan kemping di camping ground yang tersedia di lokasi JJL. Tempat ini juga cocok untuk kegiatan outbound bagi sekolah atau perusahaan.

Camp ground di JJL (via Facebook)
Fasilitas pendukung yang tersedia bagi pengunjung di JJL, diantaranya toilet, pondok-pondok santai berbahan bambu, warung yang menyajikan aneka makanan khas Banyuwangi. Selain itu, pihak JJL juga terus mengembangkan wahana adventure yang lain.

Untuk menikmati wisata JJL ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 2 ribu untuk tiket masuknya. Selain itu dikenakan biaya parkir 2 ribu untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk mobil.

Jambewangi Jungle Lodge di tengah hutan pinus (via Facebook)


CARA MENUJU JAMBEWANGI JUNGLE LODGE

Sesuai lokasinya, kondisi jalan menuju wisata JJL masih berupa jalan makadam. Namun secara umum tidak ada masalah bagi kendaraan roda dua maupun mobil untuk mencapainya. Pengunjung akan disuguhi pemandangan persawahan Desa Jambewangi yang cantik di sepanjang perjalanan.

Keindahan persawahan desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi.
Panorama persawahan di Jambewangi dilihat dari atas (via Jambewangi.com)
Jambewange Jungle Lodge yang terletak di Desa Jambewangi ini cukup mudah dijangkau. Bisa dicapai dari berbagai kecamatan di sekitarnya, seperti Glenmore, Songgon maupun Genteng. Namun bagi pengunjung luar daerah, akses jalan termudah menuju lokasi wisata ini dimulai dari Kecamatan Genteng.

Jika kamu dari arah Kabupaten Jember, setelah memasuki terminal lama kota Genteng, belok kiri ke jalan Wachid Hasyim menuju Stasiun Setail sejauh 7 km. Kamu akan melewati RTH Maron, lanjutkan perjalanan terus sampai kira-kira 200 meter sebelum stasiun kamu akan bertemu pertigaan.
Dari sini belok ke kanan sejauh 150 meter ke jalan raya Setail, lalu setelah bertemu perempatan pertama, belok kiri.

Selanjutnya akan bertemu perempatan lagi, belok kiri lagi ke jalan Paras Tembok. Lanjutkan perjalanan sejauh 3 km sampai mencapai lokasi JJL di sebelah kiri jalan. Jika ragu dengan arah jalan kamu bisa bertanya pada penduduk setempat.

Sedangkan jika kamu datang dari arah Banyuwangi kota, untuk mencapai JJL kamu juga harus menuju kota Genteng lebih dahulu sejauh 35 km. Sesampai di perempatan kantor Pos Genteng, lalu belok kanan ke jalan Wachid Hasyim. Perjalanan selanjutnya seperti penjelasan sebelumnya. Jika kamu menggunakan aplikasi Google Maps tentu sangat membantu dalam menentukan arah ke lokasi Jambewangi Jungle Lodge di Kecamatan Sempu.  



loading...

Back To Top