DENGAN APLIKASI INI, BANYUWANGI ADA DALAM GENGGAMANMU

Banyuwangi in Your Hand wajib kamu bawa ketika berwisata ke Banyuwangi. Kalau tidak, kamu pasti rugi. Dengan memasang aplikasi ini di smartphonemu, ibaratnya Banyuwangi berada dalam genggamanmu. Ya ialah, aplikasi Banyuwangi in Your Hand akan membantumu menunjukkan lokasi-lokasi wisata dan tempat-tempat penting lain selama kamu dolan di Banyuwangi dengan mudah dan jelas. Kamu tidak bakal tersesat atau salah jalan ketika mengunjungi destinasi wisata tertentu, termasuk mencari info kuliner khas Banyuwangi. Dijamin!

Banyuwangi in Your Hand.
Banyuwangi dalam genggamanmu.

Banyuwangi inYour Hand adalah aplikasi berbasis android mengenai informasi dan panduan wisata serta kuliner di Kabupaten Banyuwangi. Aplikasi Banyuwangi in Your Hand menggunakan format "augmented reality" dan "virtual reality" yang dapat dilihat dalam bentuk konten video, animasi, dan 3D. Aplikasi ini juga terhubung dengan Google Maps sehingga fitur yang ditampilkan menjadi lengkap guna memandu wisatawan ke lokasi wisata yang dituju.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Bupati Azwar Anas di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Banyuwangi, Rabu (22/3/2017).


Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda-benda yang ada di dunia maya (virtual) - baik 2 dimensi dan/atau 3 dimensi - dan benda-benda nyata ke dalam sebuah lingkungan nyata 3 dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Penggabungan ini kemudian dimaksimalkan dengan kemampuan berinteraksi secara langsung dengan objek tersebut.

Contoh penerapan teknologi ini adalah permainan Pokemon Go yang digunakan untuk menampilkan Pokémon di layar saat menggunakan kamera.

Teknologi AR ini telah dikembangkan sejak tahun 1968 namun baru di abad ke 21 ini mencapai kemajuan yang begitu pesat berkat perkembangan teknologi pendukungnya.

Sedangkan Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan 3 dimensi yang disimulasikan oleh komputer terhadap suatu obyek nyata atau imajinasi, sehingga pengguna merasa seolah-olah berada atau terlibat secara fisik pada lingkungan tersebut.

Tidak seperti Virtual Reality (VR) yang menggantikan lingkungan nyata dengan lingkungan virtual yang disimulasikan oleh komputer, AR tetap menggunakan lingkungan nyata yang dikawinkan dengan objek-objek virtual.


Peluncuran aplikasi Banyuwangi in Your Hand


Aplikasi Banyuwangi in Your Hand ini sebenarnya sudah pernah diperkenalkan tahun 2015 lalu, namun masih banyak kekurangannya dan sekarang ini merupakan penyempurnaannya.

Dengan format augmented reality, aplikasi ini menampilkan kondisi realtime lingkungan yang ada, mulai dari jalan, bangunan, dan lainnya dalam bentuk 3D di lokasi. Namun fiturnya lebih baik dan detail daripada google maps.

Apabila menggunakan Google Maps, pengguna masih harus mengetikkan lokasi yang diinginkan. Namun di Banyuwangi In Your Hand, ketika kamera ponsel yang telah terhubung dengan GPS diarahkan sesuai arah angin maka di layar ponsel akan tampil profil lokasi tempat publik, wisata, kuliner, dan lainnya.

Dalam peluncuran tersebut, Bupati Anas langsung mempraktekkan sendiri aplikasi ini melalui smartphone android miliknya.

Banyuwangi in Your Hand.
Bupati Azwar Anas ketika meluncuran aplikasi Banyuwangi in Your Hand via Antarajatim.com

Saat ponsel dihadapkan kearah timur, maka di layar muncul berbagai ikon lokasi destinasi yang ada bagian tersebut seperti Pantai Boom, Pasar Banyuwangi dan Taman Blambangan.

Ketika salah satu ikon di klik, maka langsung muncul google maps yang menunjukkan arah jalan menuju tempat tersebut berikut jaraknya. Klik berikutnya, akan muncul informasi seputar destinasi itu.

"Aplikasi akan sangat memudahkan bagi wisatawan yang datang ke Banyuwangi, khususnya yang baru pertama kali berkunjung. Detail dari lokasi-lokasi wisata di Banyuwangi bisa dilihat di aplikasi ini," kata Anas.

Aplikasi Banyuwangi in Your Home yang merupakan program kerja sama antara Pemkab Banyuwangi dengan PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) ini pertama di Indonesia. ICON+ adalah anak perusahaan PT PLN, yang bergerak dalam bidang penyediaan jaringan, jasa, dan content telekomunikasi, dengan berbagai layanan seperti Clear Channel, Multi Protocol Label Switching (MPLS), akses internet broadband, Voice over Internet Protocol (VoIP), dan aplikasi.

Nantinya, Banyuwangi in Your Hand juga akan dikoneksikan dengan aplikasi serupa Europe in Your Hands dan Australia in Your Hands, sehingga destinasi wisata di Banyuwangi, bisa turut dipromosikan di Eropa dan Australia.

Jadi Banyuwangi In Your Hand adalah aplikasi yang wajib tertanam di smartphone kamu ketika mengunjungi Banyuwangi. Dengan aplikasi Banyuwangi in Your Hand ini, siapa saja bisa melihat seluruh isi Banyuwangi. 

Yang mau ke Banyuwangi, cepetan gih install aplikasi Banyuwangi in Your Hand melalui Play Store. Liburanmu bakal menyenangkan karena semua informasi tentang wisata Banyuwangi ada dalam genggamanmu.

Cara menggunakan aplikasi Banyuwangi in Your Hand


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top