BUKIT MONDOLEKO, WISATA BARU DI BANYUWANGI COCOK BUAT YANG HOBI FOTO SELFI DI KETINGGIAN

Wisata Bukit Mondoleko - Bagi yang suka foto-foto selfi di atas ketinggian, ada spot wisata baru di Banyuwangi yang bisa memenuhi hasratmu. Namanya Bukit Mondoleko. Lokasinya ada di Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Songgon.

Wisata Bukit Mondoleko Banyuwangi
View Bukit Mondoleko, (via Facebook.com/cheintan.cliquerst)

Seperti dilansir Suarajatimpost, Bukit Mondoleko berjarak kurang lebih sekitar 1,5 kilometer sebelah barat Kantor Desa Sragi atau lebih tepatnya di selatan lapangan Sragi.

Di atas Bukit Mondoleko ini ada sebuah jembatan bambu yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat. Dari sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam berupa pepohohan yang rindang dan hijaunya persawahan warga setempat, malahan sebagian wilayah Kecamatan Songgon juga nampak begitu indah dari ketinggian ini.

Apalagi jika cuaca tidak mendung dan berkabut, dari atas Bukit Mondoleko ini deretan pegunungan Raung yang tertata rapi dapat melihat dengan jelas.

Namun perlu perjuangan ekstra untuk mencapai ke puncak bukit. Pengunjung terlebih dahulu harus melewati ladang persawahan dan menyebrangi sungai.

Jalur menuju Bukit Mondoleko (via Facebook.com/adhellia.adhellia.395)
Setelah menyebrang dan melewati jembatan jangan lantas melanjutkan perjalanan terlebih dahulu, berhentilah sejenak dan sempatkan membaca papan penunjuk yang tertempel di pohon sudut persimpangan jalan.

Disitu ada dua opsi, ke Bukit Mondoleko dan wisata Gua. Jika pengujung ingin menuju ke Bukit Mondoleko maka harus ambil jalan yang lurus. Namun, jika pengujung memilih arah kanan berarti menuju ke sebuah Gua, yang konon menurut pengelola wisata ini adalah Gua peninggalan Jepang.

Menurut cerita, gua itu peninggalan Jepang dan bisa tembus ke Pantai Grajagan di Banyuwangi selatan. Untuk mencegah resiko bahaya, maka dibuat pagar pembatas beberapa meter dari mulut gua supaya pengunjung tidak masuk lebih dalam.

Selain itu, di puncak Bukit Mondoleko ini terdapat pohon Beringin besar yang di bawahnya ada kompleks makam keramat yang dipercaya warga adalah sesepuh yang membabat dan menyebarkan agama Islam di Desa Sragi ini. Salah satunya adalah makam Mbah Mat Amin yang meninggal dunia pada tahun 1901.

Pesona Bukit Mondoleko (via Facebook.com/yeni.ciegumihoocayyankzdaewong)

Mengingat lokasi Bukit Mondoleko berada di ketinggian, sebaiknya para pengunjung tetap waspada dan berhati - hati saat berada di atas jembatan.

Jangan terlalu ke tepi jembatan karena dikhawatirkan akan terpeleset dan jatuh. Jangan demi memuaskan nafsu berfoto selfi hingga mengorbankan keselamatan diri.

Selfie Bukit Mondoleko.
Yuhu! Gaya kekinian. Tapi tetap jaga diri ya (via Facebook.com/adhellia.adhellia.395)

Lantaran tergolong baru dan masih dalam tahap pembangunan, untuk masuk ke wisata Bukit Mondoleko ini tidak dikenakan tarif alias gratis. Hanya saja, lahan parkir yang masih seadanya mengharuskan para pengunjung untuk menitipkan kendaraannya kepada masyarakat setempat, itupun dengan biaya seikhlasnya.

Ayo viralkan Bukit Mondoleko, sambil tetap jaga diri! Okey bro?


Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

3 komentar:

  1. bagus banget guys bukitnya. kita bisa lihat gunung raung, lihat keindahan alam Songgon dari atas, dan juga lihat mantan jalan bareng pacar barunya, hiks.. simak selengkapnya di http://traveltime-ku.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. tempat ane main waktu kecil sekitar 20 thn lalu

    BalasHapus
  3. Tempatnya yang sejuk cocok banget buat refresh otak yang lagi suntuk ditambah lihat ijo ijo pemandangan gunung cukup dekat, sedekat hatiku, indahnya recomended banget, meski masih dalam perkembangan ya.

    BalasHapus

Scroll to top