AYO KE PULAU TABUHAN NONTON KOMPETISI SELANCAR ANGIN INTERNASIONAL


Kompetisi Selancar Angin Internasional di Pulau Tabuhan - Yang pengin ke PulauTabuhan Banyuwangi, ini saat yang paling pas berkunjung ke sana. Pasalnya Pemkab Banyuwangi akan menggelar kegiatan pariwisata berbasis olahraga, yakni kiteboarding tingkat internasional di Pulau Tabuhan. Waktunya pada tanggal 22-23 Agustus 2015 dengan tajuk Tabuhan Island Pro Kiteboarding.
Kompetisi internasional selancar angin Tabuhan Islan Pro Kiteboarding 2015.
Kite Surfing (sumber : http://altavistaluz.com/home/kitesurfing)

Ajang Tabuhan Island Pro Kiteboarding bakal diikuti oleh lebih dari 40 peselancar layang dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Brazil, Inggris, Swedia, Finlandia, Belanda, Lithuania, Polandia, Rusia, Perancis, Spanyol, Jerman, Austria, Selandia Baru, Australia, Thailand, Singapura, dan Tiongkok, termasuk peselancar asal Indonesia. Jurinya pun dari luar negeri, yaitu dari Australia dan Belanda dengan race director Jeroen Van der Koiij dari Belanda.

Kegiatan ini merupakan kali keduanya, setelah tahun lalu pernah digelar di tempat yang sama. Bedanya, kalau sebelumnya masih berupa trial game karena baru perkenalan pada masyarakat Banyuwangi. Namun untuk 2015 sudah dikemas dalam sebuah ajang kompetisi professional yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival 2015. Ajang Tabuhan Island Pro Kiteboarding digelar atas kerja sama Pemkab Banyuwangi dan Bangsring Breeze Resort, salah satu resor yang ada di Pantai Bangsring. Total hadiah yang akan disediakan sebesar Rp 100 juta oleh sejumlah perusahaan besar di industri selancar seperti Rip Curl, Rip Curl School of Surf, Best Kiteboarding, Airush, Huna Boards, Freedom Kiteboarding Magazine dan Beach Hut and Surftime.



Kiteboarding adalah olahraga permukaan air yang menggabungkan berbagai unsur mulai dari selancar angin , selancar , paralayang , dan senam menjadi  satu jenis olahraga. Para atlet peselancar angin berdiri di papan selancar yang dihubungkan dengan layang-layang yang biasa digunakan paralayang. Mereka memanfaatkan angin berkecepatan tinggi hingga bisa melayang-layang di udara, lalu melandai kembali berselancar di atas air dengan gerakan-gerakan akrobatik. Ada beberapa gaya dalam kiteboarding seperti freestyle, free-ride, downwinders, speed, course racing, wakestyle, jumping dan kitesurfing ombak.
 
Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas,  kegiatan ini merupakan ikhtiar pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisata baru Pulau Tabuhan kepada khalayak luas. Pemkab Banyuwangi ingin menjadi menjadikan Pulau Tabuhan menjadi tujuan utama surfpoint bagi komunitas kitesurfing dan windsurfing internasional. Hal ini karena lingkungan Pulau Tabuhan sangat ideal bagi olahraga yang mengandalkan kecepatan angin yang kencang ini. Sepanjang waktu angin di Pulau Tabuhan bertiup dengan kecepatan 20-25 knot secara konstan. Apalagi lautnya tanpa ombak, sehingga kapanpun bisa bermain selancar layang (kite surfing) maupun selancar angin (wind surfing). Dengan keunggulan tersebut Pulau Tabuhan pun ditahbiskan sebagai tempat yang paling bagus di Indonesia untuk main kitesurfing.


Co-Host Tabuhan Island Pro Kiteboarding, Jeroen van Der Kooij, mengatakan, saat ini kiteboarding (selancar layang) semakin digemari oleh para pencinta olahraga air dunia. Berdasarkan data International Kiteboarding Association, terdapat lebih dari 1,5 juta pemain kiteboarding (kitesurfing) di seluruh dunia. Perkiraan nilai pasar industri kiteboarding mencapai USD 321 juta atau Rp4,33 triliun, meliputi nilai penjualan perlengkapan, penyelenggaraan event, dan sebagainya.

"Pasar untuk olahraga kiteboarding ini terus tumbuh. Tentu jika bisa dioptimalkan akan memberi manfaat bagi pariwisata Banyuwangi, khususnya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di sekitar Pulau Tabuhan karena permintaan hotel, kuliner, dan jasa lain pasti meningkat,” ujar pria asli Belanda tersebut.

Dia optimistis Pulau Tabuhan bakal menjadi lokasi idola bagi pencinta kiteboarding. Pasalnya, laut di pulau tersebut mempunyai keistimewaan yang tak dimiliki wilayah lain yang selama ini dikenal sebagai surfpoint seperti Bali.

Di Bali, jelas van Der Kooij, angin nyaris tak pernah bertiup dengan kecepatan di atas 15 knot. Kecepatan angin di Bali terlalu rendah, sehingga pencinta olahraga air ini membutuhkan layang-layang paralayang dan layar yang lebih besar. Angin di Bali juga tidak konstan, sehingga para peselancar layang dan angin lebih banyak menunggu.

"Saya sudah datang ke banyak tempat di Asia untuk bermain selancar layang, dan tidak ada tempat sebagus Pulau Tabuhan. Saya yakin pulau ini mampu menarik para kiteboarders (peselancar layang), terutama yang rutin ke Bali. Selama ini Anda bisa melihat banyak sekali peselancar layang yang bermain di Bali seperti di Sanur dan Canggu, itu yang kami bidik agar beralih ke Banyuwangi,” ujarnya.
Letak lokasi Pulau Tabuhan Banyuwangi.
Letak Pulau Tabuhan (sumber : www.rizalchristian.blogspot.com)
Pulau Tabuhan adalah sebuah pulau kecil seluas 5 ha yang tidak berpenghuni yang memiliki laut jernih dan pantai berpasir putih yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi. Biota lautnya pun menawan, sehingga cocok untuk melakukan snorkeling maupun menyelam. Pulau Tabuhan berada di wilayah utara Banyuwangi yang masuk desa Bangsring kecamatan Wongsorejo kabupaten Banyuwangi. Disebut Pulau Tabuhan tak lain karena angin di sini cukup kencang sehingga terdengar seperti tetabuhan musik.

Masyarakat yang ingin menyaksikan acara ini bisa mengambil paket wisata berperahu menuju Pulau Tabuhan dari titik berangkat di Pantai Grand New Watu Dodol dengan harga rata-rata Rp100.000. Pantai ini menjadi pusat titik pemberangkatan dan pemulangan semua atlet maupun orang-orang yang akan menuju Pulau Tabuhan.

Selain dari Pantai Watu Dodol, Pulau Tabuhan juga bisa dicapai dari Pantai Bangsring. Dari Pantai Bangsring, wisatawan bisa menuju Pulau Tabuhan dengan waktu tempuh tak sampai 25 menit menggunakan kapal wisata yang dioperasikan oleh kelompok warga lokal. 

Kapan lagi nonton kompetisi selancar angin tingkat internasional di Pulau Tabuhan Kabupaten Banyuwangi kalau tidak sekarang?

FOTO-FOTO TABUHAN ISLAND PRO KITEBOARDING
Pembukaan Tabuhan Island Pro Kiteboarding dimeriahkan dengan Tari Gandrung khas Banyuwangi. (sumber : Metrotvnews.com)
Kite surfing (foto: Twitter @a_aswarnas)
Kite surfing di Pulau Tabuhan (foto : Twitter @a_azwarnas)
(updated 23/8/2015)



loading...

2 komentar

kalau mau ke pantai plengkung startpoint nya yang mudah dari mana ya mas??

Sebaiknya dari Jajag. Jember-Genteng-Jajag. Dari Jajag ada beberapa jalan, bisa ditanyakan di Terminal Jajag, sebaiknya lewat jalur mana. Intinya menuju Kec. Tegaldlimo, lalu Pos Rawabendo yg mrpkn pintu Gerbang Taman Nasional Alas Purwo. Dari Pos Rawabendo ke Plengkung sekitar 14km.

Back To Top