KAWAH BULAT SABIT, SISI LAIN GUNUNG IJEN


Kawah Bulan Sabit di Gunung Merapi-Ijen,Banyuwangi.
Wisata Banyuwangi - Dibalik keindahan Kawah Ijen ternyata  menyimpan sesuatu yang belum diketahui oleh setiap pengunjung. Inilah kawah lain yang bersembunyi dibalik Gunung Merapi, yang berada tepat di sebelah timur Kawah Ijen.

Di puncak Gunung Merapi terdapat dua buah kawah yang keduanya sudah mati. Yang menjadi tujuan utama adalah kawah yang terletak di sebelah kanan, ujung terjauh dari Kawah Ijen. Di tengah kawah tersebut terdapat gundukan tanah dengan pepohonan di atasnya yang bentuknya nyaris sempurna seperti bulan sabit jika dilihat dari puncak. Karena itu populer dengan sebutan Kawah Bulan Sabit. Masyarakat setempat menyebutnya dengan "Pintu Angin". Dari sini, di atas ketinggian 2800 mdpl, Anda bisa menikmati panorama Kota Banyuwangi, gagahnya Gunung Raung dan Pulau Bali di kejauhan. Anda juga akan mendapati spot yang sangat bagus untuk melihat keindahan Kawah Ijen dari sudut yang lain.

Kawah Bulan Sabit di Gunung Merapi-Ijen,Banyuwangi.
Kawah Bulan Sabit
Panorama Kawah Ijen dilihat dari puncak Merapi.
Dari gunung Merapi yang letaknya lebih tinggi, kita bisa melihat keindahan Kawah Ijen lebih leluasa dari puncak Merapi sabit sisi Barat. 

Tapi tidak mudah untuk mencapai lokasi kawah yang unik ini. Perjalanan ke kawah ini membawa kaki berjalan tak kenal lelah, menelusuri setiap jengkal tanah melalui jalur pendakian yang tidak nampak, dan hampir 80% diselimuti oleh semak-semak yang harus disibak dengan penuh kesabaran.


Jalur Kawah Bulan Sabit ini sebenarnya tidak pernah dibuka untuk umum karena jalurnya memang tidak jelas, sangat curam, dan rawan longsor. Aturannya, untuk menuju ke sini kita diharuskan mengantongi izin dari Dinas Perhutani selaku pengelola Cagar Alam. Jalur untuk menuju ke Kawah Bulan Sabit tidak mudah mengingat tiadanya akses yang jelas. Terdapat dua “rute” untuk menuju ke sini, yang pertama dari Pos Paltuding, Banyuwangi, yang membutuhkan waktu enam hari (!) karena medan yang sangat berat. 

Kawah Bulan Sabit di Gunung Merapi-Ijen,Banyuwangi.
Medan yang menantang.
Sementara jalur satunya cukup ditempuh dalam waktu 4 jam, yakni dari bibir Kawah Ijen. Dari bibir kawah kita berjalan menyusur ke kanan sekitar 300m, disana akan terlihat gunung bertebing, itulah gunung Merapi. Setelah itu kita harus pindah bukit, dari bibir Kawah Ijen kita akan turun di bekas sungai di sisi utara, dan menanjak lagi ke badan Gunung Merapi. Disini tidak ada jalur permanen, yang ada hanyalah main kira-kira.

Nah baru setelah kita berada di badan Gunung Merapi, nampaklah bekas-bekas jalur pendakian. Dari bekas sungai di bawah tadi, kita akan melewati jalur yang sangat nanjak, selain itu semak dan pohon tumbang merupakan rintangan yang sangat serius.



Buah Beri liar.
Rute menuju KawahBulat Sabit sangat jarang dilalui orang, bahkan penduduk lokal. Karena itu ketika Anda memutuskan untuk kesana, carilah informasi sebanyak - banyaknya dari warga sekitar. Bahkan jika perlu ajak mereka untuk menjadi guide. Dan jangan lupa membawa peralatan dan bekal yang cukup, karena jalur disana sangat menguras energi. Di sepanjang jalur ke puncak banyak tumbuh buah Beri liar. Lumayan buat mengisi perut yang lapar sambil beristirahat. Satu hal yang tidak boleh dilupakan, bawa bekal makanan yang cukup dan air minum sebanyaknya. Karena medan yang berat dan Gunung Merapi merupakan daerah kering, sehingga Anda pasti sangat kehausan.

Rute yang ditempuh dari  barat (Kawah Ijen) ke puncak Merapi di  timur. Tampak jelas Kawah Bulat Sabit dilihat dari atas.






loading...

5 komentar

Sadar atau tidak.. kita sebagai seorang petualang pasti ingin ke Kawah Bulan Sabit.. tapi kalau kita sadar sebagai seorang pecinta alam.. tidak semestinya kita ke tempat itu..
karna secara tidak langsung, kita akan mengganggu habitat binatang liar yang ada disana. dan sampai saat ini habitat mereka semakin sedikit..

nama saya firdaus untuk memasuki daerah kawah bulan sabit itu perlu ijin gk? sama penjaga daerah situ seperti polisi hutan/ masyarakat sekitar situ.
oh ya juga kunjungi link ini http://tourbanyuwangi.com siapa tau punya inspirasi untuk upload postingan selanjutnya...
tnks :)

Alternatip lewat jalur lain ada gk ..

INGAT INI KAWASAN KONSERVASI CAGAR ALAM , UNTUK MASUK KESINI HARUS BERIJIN DENGAN PERSYARATAN KETAT,, JIKA ILEGAL BISA DI PROSES DAN DI SANKSI TEGAS,.
kawasan terbatas ,. ingat itu,.. bukan tempat yang umum di kunjungi begitu saja,...

Back To Top