JEJAK MR TUKUL JALAN-JALAN DI BANYUWANGI


Mr Tukul Jalan-Jalan di Banyuwangi.
Tukul Arwana dan kru bersama Bupati Azwar Anas disela-sela shooting Mr Tukul Jalan-Jalan Ke Banyuwangi
Wisata Banyuwangi - Program reality show TV “Mr Tukul Jalan-Jalan” yang di pandu oleh pembawa acara dan komedian yang terkenal Tukul Arawana ini, setiap episodenya mengajak pemirsa berjalan-jalan ke seluruh pelosok Indonesia untuk berwisata Mistis dengan mengunjungi tempat-tempat yang angker dan bersejarah. Di setiap tempat yang dikunjungi, pemirsa diajak berkenalan dengan "Makhluk Astral" yang ditemui atau di rasakan oleh team dari Mister Tukul Jalan-Jalan dan di setiap sesi acara dibuat lukisan mengenai “makhluk astral” tersebut. Dalam membawa acara Tukul ditemani juga oleh Bintang tamu artis-artis cantik misalnya Sara Wijayanto, Anita Hara, dan masih banyak artis cantik lainnya.


Sejalan dengan pertumbuhan ekonominya yang menggeliat, saat ini nama Banyuwangi sering menjadi sumber liputan pemberitaan tentang berbagai potensi ekonomi, alam dan budayanya, termasuk acara Mr Tukul Jalan-Jalan yang disajikan oleh Trans 7 tahun lalu.

Selama tiga hari, Tukul Arwana  dan Tim melakukan pengambilan gambar untuk setting acaranya. Mulai dari Makam Buyut Cili tempat bersejarah asal mula Banyuwangi, Kelurahan Penataban,yang dianggap memiliki sejarah. Antara lain pantai Watudodol, pemakaman Buyut Cungking, bekas pabrik gula Seranite, Bangunan bekas Pabrik Asbes Blambangan Raya yang memiliki arsitek kuno.  Juga Pendopo Shaba Swagata Blambangan yang merupakan bangunan sejarah sejak jaman VOC. Dilanjutkan ke Pelabuhan Boom dan situs Macan Putih.

Selama  shooting di Pendapa Shaba Swagata, Tukul Cs ditemani Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, yang juga menjadi bintang tamu acara ini bersama beberapa budayawan, antara lain, Slamet Utomo dan Hasnan Singodimayan. Bupati Abdullah Azwar Anas, menyatakan dengan kedatangan Tukul Cs ini bisa mempromosikan wisata Banyuwangi. Apalagi yang menjadi setting shooting acara tempat-tempat bersejarah di Banyuwangi. “Meski kita telah melakukan renovasi di beberapa tempat, kita masih tetap melestarikan cagar budaya maupun tempat –tempat bersejarah yang ada,” ujar Bupati.

Part 1. Mister Tukul sedang berada di daerah Banyuwangi. Bersama Mbah Bedjo, Sholeh Pati dan Ay Claudia, Tukul menyinggahi tempat-tempat indah, unik dan juga memiliki cerita tersendiri di Banyuwangi. Salah satunya adalah Watu Dodol Banyuwangi, yang konon katanya sering dijadikan tempat pembuangan mayat pembunuhan. Bagaimana cerita sebenarnya? Apa yang akan mereka temukan?


 
PART 2. Melanjutkan perjalanan di kota Banyuwangi, Mister Tukul bersama Mbah Bedjo, Soleh Pati dan Ay Claudia menyambangi sebuah pabrik yang sudah berdiri sejak zaman Belanda bernama Pabrik Seranite. Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, pabrik tersebut dianggap sebagai pabrik paling angker di Banyuwangi. Wow.. Apa ya yang membuatnya mendapatkan predikat paling angker?

Mr Tukul Jalan-jalan di Banyuwangi
Pabrik gula Soekowidi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Seranite, yang menjadi salah satu lokasi syuting Mr Tukul Jalan-Jalan di Banyuwangi ini sudah berdiri sejak 1898. Dalam perkembangannya pabrik ini berubah fungsi menjadi pabrik kapal. Ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di Banyuwangi.

Part 3. Bersama Soleh Pati, Ay Claudia dan Mbah Bedjo, Tukul akan menelusuri sejarah tempat bersejarah yang bernama Pendopo Banyuwangi. Bangunan itu terkenal menyimpan banyak rahasia dan cerita mistis. Konon katanya setiap pihak yang ingin merenovasi pendopo tersebut akan sakit secara tiba-tiba. Dan menurut masyarakat sekitar, sering ada penampakan ular berkepala manusia di pendopo tersebut. Benarkah cerita tersebut?

Mr Tukul Jalan-jalan di Banyuwangi.
Tukul Arwana berada di lokasi sumur  tua yang berkaitan dengan asal-usul kota Banyuwangi.
Pantai Boom. Mister Tukul Jalan-jalan di Banyuwangi.

Salah satu lokasi syuting Mr Tukul Jalan-Jalan ke Banyuwangi adalah Pantai Boom. Tempat wisata favorit warga Banyuwangi ini ternyata menyimpan kisah misterius yang dikenal dengan Tragedi INKAI. Berawal pada saat puluhan anggota karate sedang berlatih di tepi pantai untuk ujian kenaikan tingkat, tanpa diduga tiba-tiba datang gelombang yang kemudian menyeret mereka ke laut. Akibatnya 26 orang karateka meninggal dunia, seorang diantaranya tidak diketemukan jasadnya. Untuk mengenang peristiwa tersebut di salah satu tempat di pantai Boom didirikan Tugu INKAI.

Kabarnya sewaktu syuting di Pantai Boom, kru Trans7 akan diserang ribuan bangsa jin. Namun berkat kesigapan tokoh supranatural, hal ini tidak sampai terjadi. Hanya ada salah satu kru Trans7 yang mengalami kesurupan, sebagaimana sering terjadi pada syuting Mr Tukul Jalan-Jalan di berbagai daerah lainnya.



loading...

1 komentar:

Back To Top