PANTAI PANCUR, TAMAN NASIONAL ALAS PURWO


Keindahan pantai Pancur di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi
Pantai Pancur - Satu lagi pantai cantik di Banyuwangi, Pancur. Letaknya masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Lokasinya sekitar 5km dari Pos Rawabendo, pintu masuk taman nasional tersebut, atau 2km dari pantai Trianggulasi. Setelah sampai di Resort Pancur, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya dan selanjutnya berjalan kaki menuruni tangga untuk tiba di pantainya.

Di kawasan resort Pancur terdapat bangunan kantor resort dan pos penjagaan, di sini terdapat fasilitas untuk pengunjung seperti mushola, kamar mandi dan kantin.
Pos Resort Pancur
Setibanya di Pantai Pancur, ada pemandangan cantik di depan mata. Hamparan pasir putih membentang luas dan lumut-lumut hijau tumbuh di bebatuan yang ada di bibir pantainya. Pemandangan putih dan hijau di pantainya cantik sekali!  
Pantai Pancur mempunyai bentangan pasir putih yang panjang. Pantainya pun landai dan aman untuk dikunjungi anak-anak hingga orang dewasa.   

Ada banyak lumut yang tumbuh di bebatuan yang ada di bibir pantai Pancur. Warganya yang hijau menambah kecantikan pemandangan pantai Pancur.


Sisi lain Pantai Pancur

Pantai Pancur, Taman Nasional Alas Purwo.
Karang hitam di Pantai Pancur

Di dekat pantai Pancur kita akan menemukan aliran sungai kecil dan berair tawar yang bermuara seperti air terjun kecil  atau pancuran yang membentuk aliran air di pasir dan langsung bertemu dengan air laut, sebuah keunikan yang menjadi nilai plus pantai ini. Karena itu pantai ini disebut Pantai Pancur.
Pantai Pancur, di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi.



Sungai air tawar menuju ke Pantai Pancur.

Ikan Bluntak di Pantai Pancur, Banyuwangi.
Jika beruntung  Anda akan bertemu dengan nelayan setempat yang sedang menangkap ikan. Diantara ikan hasil tangkapannya, Anda mungkin akan melihat sebuah ikan unik yang baru pertama kali Anda lihat. Ikannya berduri seperti landak, masyarakat setempat menyebutnya Ikan Bluntak. Kalau tidak pandai mengolahnya, ikan tersebut justru akan meracuni yang memakannya.











Kegiatan yang bisa dilakukan di sini adalah berenang atau befoto-foto. Bagi pengunjung yang berniat menginap, di pantai Pancur ada tempat untuk berkemah. Pengunjung bisa menginap sambil menikmati suara deburan ombak dan suara binatang liar dari hutan sekitarnya. Biasanya di akhir pekan pantai ini selalu penuh oleh wisatawan lokal Banyuwangi dan sekitarnya. 
Pantai Pancur, Alas Purwo, Banyuwangi.
Jalan menuju Pantai Pancur.

Tips berwisata ke Pantai Pancur
- Pengunjung sebaiknya membawa topi, kacamata hitam atau sunblock karena di sepanjang pesisir pantai Pancur sangat minum pohon untuk berteduh.
- Hati-hati membawa konsumsi saat berada di resort Pancur karena banyak terdapat kera yang suka mengambil makanan yang dibawa pengunjung. 




loading...

Back To Top