BEC 2019 THE KINGDOM OF BLAMBANGAN VISUALISASI KEJAYAAN KERAJAAN BLAMBANGAN


Banyuwangi Ethno Carnival 2019 berlangsung pada Sabtu, 27 Juli 2019 yang merupakan karnaval yang kesembilan sejak digelar pertama kali pada 2011 silam.

BEC adalah karnaval tematik yang merepresentasikan kekayaan adat budaya etnik khas Banyuwangi. Setiap tahun BEC selalu menampilkan tema berbeda yang digali dari khasanah kebudayaan lokal, ini yang membedakan BEC dengan karnaval sejenis.

BEC 2019 tema The Kingdom of Blambangan.
Penampilan salah satu talent BEC 2019 (via https://www.instagram.com/rizky.polii)

Banyuwangi Ethno Carnival merupakan atraksi terbaik dan terpopuler dari rangkaian agenda Banyuwangi Festival dan masuk dalam 10 besar atraksi wisata Indonesia atau ”Top 10 Wonderful of Event” oleh Kementerian Pariwisata.

Untuk tahun 2019 ini, karnaval budaya BEC mengambil tema The Kingdom of Blambangan. Tema ini  secara historis menggambarkan kisah kejayaan kerajaan Blambangan yang merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Banyuwangi.

BEC 2019 The Kingdom Of Blambangan menampilkan parade kolosal para talent yang membawakan 120 kostum nan megah yang memvisualisasikan kisah kejayaan Kerajaan Blambangan dan kisah kemakmuran warganya.

Tema utama ini dijabarkan dalam 10 sub tema, yaitu Lung Pangpang, Kapal Jong, Nelayan, Kedaton, Raja, Putri, Pura Blambangan, Resi Sapta Manggala, Pusaka Kerajaan dan Setinggil. 

Parade BEC kesembilan mengambil start di Jalan Veteran Taman Blambangan dan finish di depan Stadion Diponegoro di Jalan Jaksa Agung Suprapto.

Karnaval BEC selain menampilkan panggung utama, juga dilengkapi 10 panggung sub tema yang tersebar di titik tertentu di sepanjang rute. 

Setiap panggung sub tema akan menjadi panggung atraksi bagi masing-masing talent sub tema BEC, yang dimeriahkan dengan penampilan para penyanyi dan penari dari berbagai sanggar dan sekolah di  Banyuwangi.

Tak hanya dibanjiri penonton lokal, BEC 2019 juga mendapat antusiasme dari pengunjung luar daerah, turis asing, termasuk dihadiri wakil ketua DPD RI Akhmad Muqowam dan 10 kepala daerah dari berbagai wilayah nusantara.

Konsep spektakuler, magnet sosial, dampak ekonomi dan konsistensi dengan tema etnik lokal selama 9 tahun, membuat BEC sangat layak disebut sebagai atraksi kelas dunia.

salah satu talent bec 2019
Salah satu talent (via https://www.instagram.com/gabriel_bobby_manongko)

talent bec 2019
Salah satu talent (via https://www.instagram.com/gabyfetik)
Salah satu talent (via https://www.instagram.com/banyuwangi_kab)

Salah satu talent via (https://www.instagram.com/rizky.polii)

Salah satu talent (via https://www.instagram.com/gabyfetik)
BEC 2019
Penampilan salah satu talent (via https://www.instagram.com/landofosing.banyuwangi)


Banyuwangi Ethno Carnival 2019
Salah satu talent (via https://www.instagram.com/azwaranas.a3)

Penonton BEC 2019
Penonton membludak (via https://www.instagram.com/banyuwangi_kab)
loading...

Artikel BANYUWANGI BAGUS Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top