ROMANTISME PANTAI VILLA SOLONG BANYUWANGI


Satu lagi pantai yang wajib diagendakan ketika berkunjung ke Banyuwangi, namanya Pantai dan Villa Solong. Ada yang menyebutnya Villa Solong namun di Google Maps sudah dipatentkan sebagai Pantai Solong Banyuwangi. Di pantai Solong ini banyak berdiri villa-villa yang bisa disewa untuk bermalam, sehingga dikenal sebagai Villa Solong. Jadi baik Pantai Solong maupun Villa Solong adalah merujuk tempat yang sama. Untuk mudahnya sebut saja Pantai Villa Solong.

Pantai Solong memang didesain seperti sebuah resort, yaitu villa yang dilengkapi berbagai sarana rekreasi, seperti kolam renang, spa, arena olahraga, restoran dan sebagainya. Biasanya resort yang banyak disukai dan bernilai jual tinggi berada di sebuah pantai seperti Villa Solong ini. Keberadaan villa-villa di pantai Solong ini menjadi daya tarik sekaligus nilai plus tersendiri. Dan villa di sini modelnya sangat membumi, karena bentuknya mengadopsi rumah Suku Osing Banyuwangi.

Pantai Villa Solong adalah pantai nan romantis dengan pemandangan sekeliling yang cantik, serasa berada di pantai-pantai luar negeri yang bersih. Di kejauhan terhampar selat Bali yang indah dengan lalu lalang perahu nelayan dan kapal-kapal yang datang dan pergi.

Nuansa sebuah pantai yang alami terasa sekali dengan banyak tumbuhnya  pohon kelapa disekitar, dilengkapi hamparan rumput hijau yang tertata rapi dan tampak terawat, serta jalan setapak bercat putih dengan aksen lengkungan yang menghubungkan berbagai penjuru pantai. Buaian angin laut dan lambaian nyiur kelapa, membuat pantai Solong serasa sejuk meski cuaca terik, siapapun rasanya akan enggan beranjak.

Sekedar merebahkan diri di rerumputan, bermain ayunan atau bersantai dengan hammock, apapun itu, dijamin nyaman-nyaman saja dilakukan di pantai yang tidak terlalu luas ini.

Yang mau berenang juga tersedia kolam renang yang tidak terlalu besar tapi cukup menarik dan letaknya pas benar. Berbeda dengan kolam renang umumnya, pinggiran kolam renang di pantai ini dibuat dari papan kayu, bukan ubin, sehingga tidak licin ketika orang berjalan dan terlihat unik. Dengan latar pepohonan kelapa, berfoto di pinggir kolam renang ini menjadi spot yang keren. Pantulan pohon-pohon kelapa di air kolam akan menghasilkan suasana yang sangat romantis.

Daya tarik lain dari Pantai Solong adalah jajaran villa-villa cantik yang bertebaran di sepanjang pantai. Bangunan villa semi permanen berbentuk rumah adat Suku Osing ini disewakan untuk umum. Dengan biaya antara 1 juta sampai 1,2 juta per malam yang bisa diisi sampai 4 orang, villa ini cocok untuk liburan keluarga maupun bulan madu bagi pengantin baru. Fasilitas didalamnya ada satu tempat tidur, sofa dan tentunya ber-AC. Selain itu dilengkapi dapur, kulkas dan kamar mandi terbuka dengan taman kecil didepannya. Dipastikan nyaman siapapun yang menginap di villa ini. Keluar dari villa langsung menikmati pantai yang cantik. Wow, surga banget!

Urusan perut diselesaikan di sebuah restauran minimalis yang menyediakan aneka menu yang lezat. Memang harga makanan dan minuman di sini terbilang lebih mahal dibanding di tempat umum. Namun ini konsekuensi yang pantas untuk menikmati keindahan pantai yang tidak menarik tiket masuk bagi pengunjungnya.  Memang gratis tapi pengunjung diarahkan memesan makanan sebelum berkeliling pantai.

Dengan keindahan dan kelebihannya, mungkin sulit menemukan kekurangan pantai ini. Tapi ada beberapa catatan yang perlu dipikirkan oleh pengelola. Pertama, letak restoran yang persis bersebelahan dengan kolam renang, sepertinya kurang pas, karena bagaimanapun akan membuat risi bagi mereka yang ingin berenang. Jadinya kolam renang yang cantik ini seperti sebuah pajangan belaka.

Kedua, toilet yang tersedia hanya satu dan mungkin agak sulit ditemukan tanpa orang bertanya dimana letaknya. Satu-satunya toilet ini bisa jadi disengaja pihak pengelola untuk menegaskan konsep pantai ini bukanlah pantai publik yang dimaksudkan untuk menarik sebanyak mungkin pengunjung. Pantai Villa Solong lebih tepat diposisikan sebagai private beach yang tidak perlu banyak pengunjung datang, tapi menjaring mereka yang benar-benar menghargai  dan bisa menjaga keindahan sebuah pantai. Dan mereka yang ingin menikmati pantai dengan bermalam di villa-villa yang telah disiapkan.

Selebihnya, rugi kalau ke Banyuwangi tidak menyempatkan mampir atau malah menginap di Pantai Villa Solong

Monggo disimak keindahan Pantai dan Villa Solong Banyuwangi melalui foto-foto berikut ini. 



Pantai Villa Solong Banyuwangi.

Villa Solong


Pantai Solong



Pantai Solong



Wisata pantai Solong Banyuwangi.



Villa Solong

Villa Solong Banyuwangi




Romantisme Villa Solong Banyuwangi

Salah satu sudut Pantai Solong via https://www.facebook.com/Setyawan88
Berhammock di Pantai Solong via https://twitter.com/RiritWidya

CARA MENUJU PANTAI VILLA SOLONG


Pantai Villa Solong berada di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Lokasinya cukup dekat dari pusat kota Banyuwangi. Jaraknya hanya sekitar 7 km dari Kantor Bupati Banyuwangi ke arah Pelabuhan Ketapang. Namun untuk menemukan lokasinya memang butuh ketelitian, karena pintu masuknya cukup kecil, belum lagi papan petunjuk arah ke pantainya tidak begitu mencolok.

Ditambah lagi letaknya di sebelah kanan jalan raya yang ada pembatas ditengahnya, sehingga jika ditempuh dari arah kota Banyuwangi, pengunjung tidak bisa langsung belok kanan menuju lokasi, tapi harus berputar arah terlebih dulu di depan kantor harian Radar Banyuwangi.

letak Pantai Villa Solong.
Arah menuju Pantai Villa Solong dari Banyuwangi kota.

Sebagai patokan jika dari arah kota Banyuwangi, Anda menuju ke arah Pelabuhan Ketapang, setelah berada di jalan Yos Sudarso lambatkan kendaraan. Cari perumahan Permata Banyuwangi, pintu masuk ke Pantai Villa Solong persis didepannya. Namun Anda tidak bisa langsung belok ke kanan karena ada pembatas jalan. Jadi lanjutkan perjalanan lagi sampai di kantor Radar Banyuwangi, di situ ada titik yang bisa digunakan untuk berbelok arah ke kanan.

Tak jauh dari sana, Anda akan menemukan pintu masuk ke Pantai Villa Solong. Jalannya memang cukup sempit dan harus perlahan jika berpapasan dengan kendaraan dari arah depan, untungnya dari jalan raya sampai lokasi hanya sekitar 600 meter, setelah melewati perkampungan penduduk, romantisme ala Pantai Villa Solong pun sudah didepan mata.






loading...

Back To Top