PANTAI PULAU PANDANAN, DESTINASI PANTAI KHUSUS WANITA DAN ANAK-ANAK


Salah satu strategi Pemkab Banyuwangi mengembangkan wisata adalah menerapkan segmentasi pemasaran wisata yang bersifat privasi berdasarkan target tertentu. Tujuannya agar wisatawan yang datang berkunjung ke Banyuwangi bisa memilih tempat-tempat wisata yang sesuai dengan selera dan keinginan mereka.

Salah satu destinasi wisata yang tengah dikembangkan adalah Pantai Pulau Pandanan di Kelurahan Karangrejo, yang letaknya di sisi selatan Pulau Santen, Kecamatan Banyuwangi.

Pulau Santen sendiri telah ditetapkan Pemkab Banyuwangi sebagai destinasi Wisata Syariah. Sejalan dengan target pasarnya, maka Pantai Pandanan disiapkan sebagai wisata khusus wanita dan anak-anak atau beach club for woman. Destinasi ini nantinya cocok untuk kaum hawa yang ingin berwisata secara privasi. 
Pantai Pandanan Banyuwangi.
Pantai Pulau Pandanan menghadap Selat Bali.
Bukan tanpa alasan hal ini dilakukan. Wanita dibidik sebagai target, karena dari aspek pemasaran, prospek pasar wisatawan perempuan dilihat dari tren dunia terus meningkat. Hal yang sama terjadi di Indonesia, dimana ada lebih dari 120 juta perempuan, dan dari jumlah itu ada yang memang butuh destinasi di mana dia bisa nyaman berekspresi dan punya privasi.

Dari aspek pasar, perempuan punya kekuatan luar biasa. Perempuan sangat memengaruhi keputusan kelompok dan keluarganya dalam berbelanja berbagai hal, dari membeli makanan, mobil, sampai berwisata.

Menurut sebuah riset, perempuan di seluruh dunia ini memegang kontrol atas belanja hingga USD 18 triliun. Jika perempuan berhasil digaet, maka satu keluarga akan ikut dan nilai belanja family tourism lima kali lebih besar daripada wisatawan individu.

Sementara pasar wisatawan perempuan sudah digarap serius di banyak negara, sedangkan di Indonesia belum tersentuh, Pemkab Banyuwangi siap menggarap pasar potensial ini. Tentu dengan pendekatan yang berbeda.

Pantai Pulau Pandanan dipilih sebagai pantai khusus untuk wanita dan anak-anak atas pertimbangan lokasinya yang strategis, yaitu letaknya di Kota Banyuwangi. Bahkan dari pusat kota Banyuwangi jaraknya hanya sekitar 2,5 km saja.

Pantai Pandanan yang memiliki garis panjang sekitar 1 km ini memiliki panorama alam yang menarik, dengan view Selat Bali, karena memang posisinya berhadapan dengan pantai Selat Bali. Selain itu, panorama pegunungan juga terlihat dari pinggir pantai yang berpasir hitam ini.

Di Pantai Pandanan juga terdapat padang savana atau hamparan rumput luas yang banyak ditumbuhi pepohonan dan tanaman akar manis. Dengan perencanaan yang baik, kawasan seluas 7 hektar ini akan disulap lebih indah, sehingga bakal membuat kaum hawa betah berlama-lama.
Savana di Pulau Pandanan, Banyuwangi.
Padang savana di Pulau Pandanan (sumber : Detik.com)
Mengapa ada embel-embel “pulau” pada Pantai Pulau Pandanan, seperti halnya Pulau Santen yang lokasinya bersebelahan ini?

Sebab pada dasarnya baik Pantai Pulau Pandanan dan Pantai Pulau Santen, keduanya terpisah dari daratan Banyuwangi. Ada sebuah sungai yang berarus tenang mengalir sepanjang dua kilo meter lebih yang memisahkan Kota Banyuwangi dan pulau kecil Pulau Santen (dan Pulau Pandanan) yang dikelilingi hutan mangrove berusia sepuluh tahun lebih. Sebuah jembatan sepanjang 200 meter menghubungkan kedua daratan ini.

Ke depan, di Pulau Pandanan akan dibangun fasilitas hiburan, kolam renang, olahraga, mainan anak-anak, dan fasilitas lainnya secara bertahap. Termasuk kawasan zona khusus perempuan untuk sekedar memanjakan diri. Seperti yoga dan menikmati pantai dengan privasi terjamin.

Ada empat cluster yang akan dibuat di Pulau Pandanan. Cluster pertama sarana permainan anak-anak, cluster kedua untuk kolam renang, cluster ketiga untuk olahraga, dan cluster keempat kuliner. 

Rindangnya pepohonan dan semilir angin laut membuat pulau kecil ini cocok untuk bersantai. Anak-anak nantinya bisa bermain-main di lapangan terbuka, sementara ibunya menikmati fasilitas lainnya. Sedangkan untuk laki-laki, disediakan tempat tersendiri untuk menunggu istri dan anaknya.

Sementara untuk menambah keasrian, Pemkab Banyuwangi melarang pohon-pohon yang telah ada ditebang. Bahkan Bupati Anas meminta ada penambahan pohon-pohon baru, untuk menambah semakin rindang lokasi wisata khusus ini.
Pintu masuk menuju Pulau Santen dan Pulau Pandanan melalui jembatan ini.
Untuk menuju ke Pantai Pandanan saat ini masih harus melewati kampung nelayan di pesisir Pulau Santen. Nantinya akan dibuka akses pintu masuk untuk menuju ke lokasi wisata Pulau Pandanan. Semoga cepat terealisir.

Updated :

PANTAI PANDANAN JADI PANTAI BIDADARI

Rencana penataan kawasan Pulau Santen menjadi destinasi pariwisata baru di Banyuwangi dimulai. Nantinya pantai di sisi selatan Pulau Santen akan dibangun destinasi wisata khusus perempuan dan anak (beach club for women) yang diberi nama Pantai Bidadari.

Kawasan yang memiliki luasan 7 hektar tersebut akan dilengkapi sejumlah fasilitas hiburan, seperti kolam renang, olahraga, mainan anak-anak, dan fasilitas lainnya secara bertahap.

Pengelolaan pantai ini tetap melibatkan warga setempat. Dengan sentuhan pemerintah daerah, seperti halnya Pulau Merah, Pulau Bidadari ini diyakini menjadi lebih baik.

Ditargetkan pada April 2017 mendatang, Pulau Santen dengan wajah baru yang indah dan rapi akan terealisir.


loading...

Back To Top