WISATA PANTAI PANCER


Wisata Pantai Pancer, Pesanggaran, Banyuwangi.
Wisata Banyuwangi - Pantai Pancer terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi selatan. lokasinya masih satu jalur dengan Pantai Pulau Merah, hanya berjarak beberapa km kearah utara. Jika Anda mengunjungi Pantai Pulau Merah, sebelum sampai tujuan, maka Anda akan melihat petunjuk menuju Pantai Pancer. Maka tidak ada salahnya jika Anda ke Pulau Merah sekalian menyempatkan mampir ke Pancer.

Dari pusat kota Banyuwangi jaraknya kurang lebih 64 km ke arah selatan. Atau jika dari terminal Jajag menuju Pancer bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kendaraan umum. Pancer adalah akhir dari jalan raya, karena sesudahnya tidak ada jalan yang bisa di lalui,  di putus oleh pantai. Pantai pancer pada tahun 1994 pernah terjadi bencana alam yang sangat besar yaitu Tsunami, Tak sedikit warga pantai Pantai Pancer dan sekitarnya yang menjadi korban saat itu. Hingga kini masyarakat masih merasa trauma dengan kejadian tersebut.
Pantai Pancer, Banyuwangi.

Pantai Pancer, Banyuwangi.
Nama pancer di ambil dari  nama pengendali perahu. Pancer adalah salah satu  dusun yang terkenal dengan pelabuhan kapal nelayan pencari ikan. Tak heran mayoritas penduduknya adalah nelayan. Potensi perikanan di Pantai Pancer sangat besar dan termasuk penghasilan ikan terbesar di Banyuwangi. Di sini terdapat Tempat Pelelangan Ikan yang cukup besar. Berbagai jenis ikan laut di jual di sini, terutama di pagi hari. Banyak pengunjung pantai Pulau Merah mampir dahulu di Pantai Pancer untuk belanja ikan segar, nantinya ikan tersebut dibakar bersama keluarga di Pantai Pulau Merah.
Wisata Pantai Pancer, Banyuwangi.

Kawasan pantai Pancer yang indah ini berada di ketinggian 0-1200 meter dengan temperatur rata – rata 22⁰ C – 30⁰ C. Di sebelah kiri Pantai Pancer terdapat gugusan gunung yang disebut Gunung Tumpang Pitu. Sesuai namanya, gunung ini terdiri dari 7 buah gunung yang berjajar seakan-akan terlihat saling tindih satu sama lain. Di sinilah terdapat tambang emas yang berlimpah, sehingga banyak mengundang masyarakat sekitar beralih profesi dari nelayan menjadi penambang emas.

Pancer banyak di kunjungi wisatawan yang datang dari luar daerah  untuk menikmati keindahan pantai dari  atas dermaga batu yang menjulang ke selatan dari pesisir pantai pancer, ada pula orang-orang yang datang ke sana untuk keperluan menyalurkan hobi memancing ikan di dermaga. Karena Pancer merupakan sebuah pelabuhan ikan, banyak dari pendatang-pendatang itu yang berburu ikan di pedagang di  TPI (tempat pelelangan ikan) bahkan terkadang ada wisatawan asing yang datang untuk menikmati ombak untuk berselancar (surfing) di wilayah barat Pantai Pancer, sekitar 100 m ke barat dari dermaga Pancer.
Memancing di Pantai Pancer, Banyuwangi.

Ada keindahan lain pantai Pancer, yaitu sunset ( matahari tenggelam) di sore hari yang dapat di nikmati secara langsung oleh pendatang dengan berjalan ke arah barat daya dari pantai pancer sekitar 1 km, dengan melewati bebatuan besar dan karang-karang yang terhampar di  sepanjang jalan.

Jika Anda ingin menikmati wisata alam laut di sekitar PantaiPancer lebih lama, Anda dapat menginap di home stay yang ada di sekitar pantai pulau merah.


loading...

Back To Top