INI DERETAN ARTIS DAN TOKOH YANG PERNAH KE KAWAH IJEN, KAMU KAPAN?


Kawah Ijen memang penuh pesona. Keindahannya mampu mengundang banyak wisatawan datang, bukan hanya dari dalam negeri, tapi juga sudah menyebar ke mancanegara. Bukan hanya menggoda kalangan pecinta petualangan, tapi juga para artis, selebritis dan tokoh-tokoh nasional.

Lee Si Young di Kawah Ijen
Artis Korea Lee Si Young di bibir Kawah Ijen

Kawah Ijen memang bukan obyek wisata biasa, tapi penuh tantangan dan hanya mereka yang berjiwa petualangan yang mampu mencapainya. Pendakian yang menguras energi untuk ukuran awam, medan yang sangat menantang, dan bau belerang yang menyengat tajam, menjadi tantangan yang harus dihadapi siapapun untuk menikmati keindahannya yang luar biasa.

Keindahan Kawah Ijen pun mampu menarik perhatian produser film untuk melakukan pengambilan gambar sejumlah adegan. Tercatat ada beberapa film yang mengabadikan keindahan Kawah Ijen. Sederet artis dan tokoh tercatat pernah mendatangi Kawah Ijen. Ada yang ke Kawah Ijen karena urusan pekerjaan, ada yang datang khusus untuk menuntaskan rasa penasarannya, ada juga yang menyempatkan diri mendatangi Kawah Ijen ketika sedang berkunjung ke Banyuwangi.

Berikut beberapa artis dalam dan luar negeri serta tokoh nasional yang pernah merasakan dan menikmati keindahan sekaligus eksotisme Kawah Ijen Banyuwangi.

ARTIS KOREA LEE SI YOUNG SYUTING IKLAN PRODUK DI KAWAN IJEN 


Lee Si Young via Instagram.com/leesiyoung38

Belum lama ini Lee Si Young, artis korea yang juga mantan seorang petinju nasional ini, terlihat berada di Kawah Ijen. Ia menjadi salah saru brand ambasador dari produk kecantikan yang mengambil gambar di Kawah Ijen Banyuwangi.

Dalam pengantar di video pengambilan gambar di Kawah Ijen yang diupload ke Youtube, Lee Si Young sempat menyebutkan kawasan Kawah Ijen sebagai salah satu tempat yang paling berbahaya dan paling beracun di muka bumi. Penjelajahan Kawah Ijen ternyata lebih sulit dari yang diperkirakannya. Menurutnya Kawah Ijen adalah salah satu gunung berapi yang paling berbahaya, tetapi juga yang paling indah.

Hebatnya, Si Young mencapai Kawah Ijen tanpa bantuan, padahal bisa saja ia menyewa ojek troly untuk mengantarnya sampai di bibir kawah.

Tentu saja diharapkan dengan tampilnya Lee Si Young di Kawah Ijen akan memberi dampak positif bagi promosi tempat wisata yang memiliki danau dengan air paling asam di dunia ini. Setidaknya bisa mengundang rasa ingin tahu fansnya untuk mengikuti jejaknya mengunjungi Kawah Ijen. Berikut video singkat perjalanan Lee Si Young di Kawah Ijen.



BCL DAN MORGAN OEY SYUTING JILBAB TRAVELER DI KAWAH IJEN


Artis penyanyi Bunga Citra Lestari yang akrab dengan panggilan BCL dan Morgan Oey, lawan mainnya di film Jilbab Traveler: Love Spark in Korea, melakukan pengambilan gambar di Kawah Ijen sesuai dengan tuntutan skenario. BCL pun sempat mengunggah fotonya di Kawah Ijen ke akun Instagramnya. Dalam salah satu fotonya, istri dari Ashraf Sinclair itu menuliskan tak dapat tidur seharian ketika berada di Kawah Ijen.


MICHELLE ZIUDITH SYUTING DI KAWAH IJEN DALAM FILM MAGIC HOUR

Wajah artis muda Michelle Ziudith dengan latar panorama Kawah Ijen bisa dinikmati di film Magic Hour. Berperan sebagai Reina dalam film itu, selama 2 hari menjalani syuting di Kawah Ijen di Kawah Ijen meninggalkan kesan tak terlupakan bagi Michelle.

Michelle Ziudith
Si cantik Michelle Ziudith via Bintang.com

Dalam perjalanan menuju puncak kawah Gunung Ijen, Michelle mengalami peristiwa yang tak terlupakan. Lantaran kelelahan dan tak kuat lagi mendaki, ia harus ditandu. Sedangkan saat pulang, medan jalannya tak kalah menegangkan karena licin setelah diguyur hujan.

 "Jadi aku turun pas ujan-ujan itu, kayak meluncur aja. Sambil duduk, karena licin dan becek gitu. Celana jeansku itu udah sobek-sobek belakangnya. Tapi untungnya nggak luka-luka," kenangnya seperti dilansir Muvila.com.

Salah satu adegan Magic Hour via Kapanlagi.com


GAKU SANO IKUT SURVIVAL GAME DI KAWAH IJEN

Gaku Sano, aktor Jepang pemeran utama serial Kamen Rider Gaim pernah mendaki Gunung Ijen dengan target pendaratan di sebuah pulau di dekatnya. Ini dilakukan untuk keperluan acara Survival 2016 yang dibuat oleh TV TBS Tokyo.

Gaku Sano di Kawah Ijen dalam acara tv Survival 2016.
Gaku Sano via Akibanation.com

Diawali dari kaki Gunung Ijen, Gaku Sano harus mendaki Guning Ijen dan mencapai check point pertama dalam kurun waktu 30 jam. Lalu menuju check point kedua dalam kurun waktu 30 jam, dan sisanya maksimal 100 jam sudah harus sampai pada tujuan (goal) di sebuah pulau dekat Gunung Ijen.

Gaku Sano di Kawah Ijen dalam acara TV Survival 2016
Rute Survival 2016 yang dilalui Gaku Sano via Nipponclub.net

Ketika mencapai puncak Kawah Ijen, Sano kaget melihat air kawahnya yang berwarna hijau telur asin, bersifat asam dan terpengaruh gas alam yang ada disana. Sano pun tidak tahan dengan baunya sehingga menunutupi hidungnya dengan kain.

Ia juga melihat Blue Fire yang berasal dari perpaduan gas alam dan api yang membentuk semburan api berwarna biru. Ini membuat Sano kagum sekaligus sedikit takut. Bahkan dalam acara tersebut Sano sempat menikmati kopi luwak yang diracik sendiri dari kotoran luwak yang ia temukan.

Blue fire dalam tayangan acara Survival 2016 TV TBS Tokyo via Nipponclub.net


ANDIEN IPPEH KE KAWAH IJEN DALAM PERJALANAN HONEY MOON

Pernikahan penyanyi Andien dengan Ippeh, seorang fotografer pada 2015 lalu memang tergolong unik. Akad nikah keduanya dilakukan di antara pepohonan pinus di Maribaya, Lembang, dan bulan madunya dilakukan di beberapa tempat baik di dalam dan luar negeri. Salah satunya Kawah Ijen.

Andien dan Ippeh di Kawah Ijen.
Andien dan Ippeh di dasar Kawah Ijen via Kapanlagi.com

Tidak sekedar mengunjungi Kawah Ijen, keduanya ingin menyaksikan langsung keindahan blue fire. Karena itu mereka berangkat mendaki pukul setengah dua pagi dengan mengenakan masker. Saat itu suhu di Kawah Ijen mencapai 2 derajat Celsius. Namun usahanya tak sia-sia, keduanya berhasil menyaksikan blue fire dan mampu mencapai dasar Kawah Ijen. Bravo!

Pasangan Andien dan Ippeh dengan latar blue fire via Kapanlagi.com 


PEVITA PEARCE BERLIBUR KE KAWAH IJEN

Berlibur ke Kawah Ijen, artis Pevita Pearce dibuat kagum dengan keindahannya. Pemeran film Tenggelamnya Kapal van der Vijck ini sengaja berangkat pada diri hari supaya bisa sampai di puncak kawah Ijen sebelum matahari terbit. Harapannya untuk menyaksikan blue fire pun terkabul.
Pevita Pearce di Kawah Ijen
Pevita Pearce terpesona keindahan Kawah Ijen via Instagram

Pevita mengaku sangat tertarik dan terpesona dengan Kawah Ijen, bahkan ia juga mengungkapkan Kawah Ijen merupakan kawah dengan api biru yang paling bagus dan besar di dunia.

Pevita dengan latar penambangan belerang via Instagram.com

"My over excited face because I just saw Blue Fire this morning. Blue Fire cuma ada 2 di dunia dan yang paling bagus dan paling besar itu di sini di Indonesia," tulis Pevita dalam akun Instagramnya.

Foto yang diunggah Pevita ini sukses membuat netizen ingin mengunjungi Kawah Ijen. Ada yang menggunakan foto ini untuk mengajak temannya mengunjungi tempat yang sama. “Pevita aja ke sini, masak kamu enggak,” tulis seorang netizen. Iya, kamu juga dong!


TEKAD MENTERI BUMN RINI SOEMARNO, SUDAH DI BANYUWANGI, HARUS KE IJEN

Kunjungan kerja ke Banyuwangi, Menteri BUMN, Rini Soemarno punya tujuan khusus, mendaki Kawah Ijen. Tekad ini sudah dicanangkan sejak lama. Meski beberapa kali stafnya mengingatkan tentang medan yang sulit dan jauh, Rini tetap keukeuh dengan tekadnya! Bahkan saat menginjakkan kaki di bumi Blambangan, Rini mengulang niatnya itu kepada Bupati Banyuwangi.

Rini Soemarno Menteri BUMN di Banyuwangi
Sebelum naik ke Kawah Ijen, Menteri BUMN Rini Soemarno menyangrai kopi di Sanggar Genjah Arum, Banyuwangi via Kompas.com

Saat berada di lounge pelayanan publik Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, perhatian Menteri Rini langsung tertuju pada peta Banyuwangi yang terpampang di ruangan.

Di peta itu, Menteri Rini langsung menunjuk beberapa tempat wisata Banyuwangi, seperti G-land, Pulau Merah dan Kawah Ijen.

"Besok kita kesini yah," ujar Rini sembari menunjuk ke peta Kawah Ijen.

Antusias Rini untuk menjejakkan kaki di Kawah Ijen tak terbendung lagi.

"Kalau ada niat, pasti akan terwujud. Berangkat!" kata Rini.

Alhasil ia menjadi menteri Indonesia pertama yang berhasil mencapai Kawah Ijen. 

Menteri BUMN Rini Soemarno di Kawah Ijen.
Rini Soemarno mendaki Kawah Ijen via Imgrum

Medan berat dengan elevasi 30 sampai 40 derajat ditempuh dalam waktu yang tidak terlalu lama. Bahkan Rini Soemarno tak perlu tandu atau lori untuk mengantarnya ke puncak Ijen. Ia menjadi satu-satunya perempuan yang ikut pendakian bersama rombongan yang menyertainya. Momentumnya pun pas, tepat di Hari Kartini, 21 April 2016.

Semangat Rini Soemarno, semangat Kartini!


YUSUF MANSUR PUN TERPESONA KAWAH IJEN

Ustad kondang Yusuf Mansur ternyata pernah ke Kawah Ijen. Hal itu terjadi pada tahun 2013 ketika beliau diundang Pemkab Banyuwangi dalam acara "Refleksi Akhir Tahun" di Taman Blambangan. Sehari sebelumnya sang ustad menyempatkan diri mendaki Kawah Ijen.

Yusuf Mansur di Kawah Ijen.
Ustad Yusuf Mansur dalam pendakian ke Kawah Ijen via Twitter.com/dikaLaros

Bisa dibayangkan, kehadirannya akan mengundang perhatian pengunjung lain. Selama pendakian yang berlangsung sekitar 4 jam itu, Yusuf Mansur dikerubuti wisatawan lain dan para penambang belerang yang mengajak berfoto bersama. Dalam cuitan di akun Twitter-nya, Yusuf Mansur menulis :
Orang2 ke kawah ijen, 3-4 jam. Jln kaki. Ga ada akses lain. Tp saya bs 10 jam. MaasyaaAllah. Sbb stiap ketemu pejalan kaki lain, foto, hehe.
"Kayak gini ini... Hampir setiap 10 langkah, berenti, ada yg minta foto2... He he he... Ya 10 jam jadinya ke Ijen," komentar Yusuf Mansur via Twitter/Yusuf_Mansur

Bahkan di cuitan lainnya, ia menyatakan kekagumannya akan keindahan Kawah Ijen sambil menyatakan keinginannya membangun Rumah Tahfidz di sana.
Bagus sekali, Kawah Ijen luar biasa. Udaranya sejuk. Saya ingin bangun Rumah Tahfidz di sekitar sini.

Selain Kawah Ijen, Yusuf Mansur juga memanfaatkan waktunya untuk mengunjungi tempat wisata lain di Banyuwangi, seperti Sanggar Genjah Arum di Desa Wisata Osing Kemiren dan Pulau Merah. Kekagumannya terhadap kekayaan wisata dan budaya Banyuwangi pun dituangkan dalam twit di akun pribadinya yang memiliki 2,95 juta followers :
Too much Indah Place in Banyuwangi. Ga habis sebulan nih muter-muter ke destinasi wisata di sini. Visit Banyuwangi. Nggak nyesel
Itulah deretan artis dan tokoh yang pernah ke Kawah Ijen Banyuwangi. Siapapun yang mendatangi pasti pulang menyimpan kenangan tak terlupakan tentang keindahan, pesona dan eksotismenya. Bahkan yang sudah lebih dari sekali ke Kawah Ijen, masih tak habis rasa kagumnya.

Kamu kapan?



loading...

Back To Top